Biodata and Profil Jung il Wo

24 Jan

Jung Il Woo merupakan salah satu aktor yang bersinar tahun ini. Akting dan wajah tampannya selalu dielu-elukan oleh banyak orang. Meski sudah populer, sebenarnya perjalanan Il Woo di dunia hiburan Korea masih tergolong baru. Tahun 2011 juga merupakan tahun keemasan bagi Il Woo. Dalam setahun, dia membintangi tiga serial drama. Salah satunya adalah 49 Days yang kini tengah tayang di Indos.
Debut Lewat Unstoppable High Kick

Jung Il Woo lahir pada 9 September 1987 di Seoul, Korea Selatan. Dia adalah anak bungsu dari dua bersaudara, di mana kakak perempuannya lima tahun di atasnya. Cowok tampan ini sebenarnya pertama kali menginjakkan kakinya di dunia hiburan Korea pada tahun 1999 dengan membintangi film horor Whispering Corridor 2. Saat itu Il Woo masih berumur 12 tahun, dan belum tertarik dengan dunia akting sehingga tidak melanjutkan kariernya. Barulah tahun 2006, Il Woo secara resmi memulai kariernya sebagai aktor dengan membintangi sitkom Unstoppable High Kick. Bahkan untuk penampilan perdananya itu, dia langsung mendapatkan peran utama sebagai Lee Yoon Ho, seorang remaja berandal. Berkat sitkom MBC tersebut, keberadaan Il Woo langsung menarik perhatian banyak orang dan fans, bahkan dia berhasil meraih penghargaan pertamanya di 2007 MBC Drama Awards. Tahun 2007, Il Woo mulai merambah layar lebar dengan membintangi film My Love. Perjalanan karier Il Woo di dunia akting makin bersinar setelah membintangi serial The Return of Iljimae tahun 2009. Popularitasnya kembali meroket saat dia membintangi serial My Fair Lady di tahun yang sama. Nama Jung Il Woo seakan melejit dengan pesat dan pada saat itu juga dia langsung memiliki banyak penggemar. Tidak tanggung-tanggung, Il Woo berhasil menyabet penghargaan Korea Juniorstar di 2009 Grand Prix in TV Drama Part berkat serial-serialnya tersebut.

Makin Populer Berkat 49 Days

Tahun 2011, Il Woo memikat semua orang berkat perannya sebagai Scheduler di serial 49 Days. Sebagai salah satu serial penutup akhir tahun ini, dia kembali membintangi serial komedi romantis Flower Boy Ramyun Shop. Sebelum Flower Boy Ramyun Shop selesai syuting, Il Woo sudah mengantongi serial baru. Dia terpilih sebagai salah satu aktor utama serial The Moon That Embraces the Sun. Il Woo menggantikan aktor Joo Won (Baker King Kim Tak Goo) yang menolak tawaran main dalam The Moon That Embraces the Sun. The Moon That Embraces the Sun merupakan serial fantasi dengan seting era dinasti Joseon. Dalam serial saeguk ini, Il Woo memerankan Pangeran Yang Myung, saudara putra mahkota Lee Hwon (Kim Soo Hyun). Sementara Han Ga In memerankan karakter wanita pujaannya, Wol (Heo Yeon Woo).“Saya merasa tertekan, karena saya hanya punya waktu singkat untuk beristirahat setelah syuting serial terakhirku. Tapi, saya menyukai plot cerita serial ini dan terpesona oleh karakterku, yang membuat saya bersedia membintangi serial ini. Setelah mendapat banyak cinta lewat serial Flower Boy Ramyun Shop saya akan bekerja lebih keras dan menunjukkan akting lebih baik lewat The Moon That Embraces the Sun,” ucapnya. Sebagai serial pengganti Me Too, Flower!, The Moon That Embraces the Sun ditayangkan MBC mulai 4 Januari ini.Selain membintangi serial televisi dan film, Il Woo juga laris sebagai model. Dia sering menjadi model majalah fashion ternama Korea, serta membintangi beberapa iklan produk seperti Kia Mohave dan Lenovo.

Ingin Menjadi Lebih Baik
     Il Woo berhasil menarik perhatian banyak penggemar lewat serial 49 Days sebagai seorang malaikat penjadwal kematian (Scheduler). Sebelum akhirnya memutuskan menerima serial ini, Il Woo sempat vakum selama 2 tahun setelah merampungkan syuting serial My Fair Lady tahun 2009. Dia mencoba membatasi kesibukannya di dunia akting sebelum akhirnya menunjukkan kepada semua orang bakat luar biasa yang dimilikinya. “Saya berkonsentrasi pada sekolah dan belajar berakting. Saya dulu merasa takut, bahwa apa yang saya lakukan akan menjadi akhir hidupku. Dua tahun telah menjadi waktu bagiku untuk mengisi ulang diriku, dan melatih diri untuk tampil dalam sebuah drama,” ungkap Il Woo. Dalam 49 Days, Il Woo berhasil merubah imej seorang malaikat kematian yang gelap dan suram menjadi lebih modern. “Ini adalah karakter yang ramah, terlihat bagaimana dia menunjukkan kepeduliannya pada orang lain. Saya juga merasa gaya fashionnya akan menjadi tren tahun ini (tertawa). Jika benar ada malaikat kematian di dunia ini, mungkin akan seperti dalam 49 Days,” lanjutnya. Demi menyempurnakan penampilannya di 49 Days, Il Woo harus rela kehilangan 5 kg berat badannya yang membuat pipinya terlihat lebih cekung. Dia berusaha untuk menunjukkan kepada orang-orang terhadap perubahannya. “Saya sengaja menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di tubuhku agar terlihat lebih matang.
     Memang sulit dijelaskan, tapi ketika menyaksikan drama saya kalian bisa melihat apa yang saya lakukan. Saya harus menunjukkan bahwa saya tidak membuang-buang waktu selama 2 tahun terakhir,” ungkapnya. Il Woo menyadari bahwa ini hanya sekadar obsesi yang dimilikinya. Ketika dia akhirnya mengetahui menjadi seorang aktor berarti menjadi karakter yang tepat untuknya, Il Woo harus mampu berdiri di depan kamera dengan lebih nyaman. Dia sangat ingin mendengar orang-orang membicarakan perubahan dirinya. Il Woo bukan lagi seorang aktor pendatang baru yang tidak mengerti apa-apa, melainkan aktor yang sudah cukup berkembang dan mampu berpikir tentang perubahan akting dan karakternya. “Saya lebih ingin melihat penonton menyadari sendiri perubahanku, daripada saya yang memberitahukan kepada mereka. Saya berencana menunjukkan kepada kalian tentang apa saja yang telah saya bangun selama masa vakumku dua tahun lalu,” ungkap Il Woo.

Berasal Dari Keluarga Elit
     Melihat kepribadiannya yang ramah pada siapa saja dan selalu bersahaja di luar maupun di lokasi syuting membuat orang banyak tak pernah menduga kalau Il Woo ternyata memiliki latar belakang keluarga yang sangat berkecukupan. Dalam acara SBS E!TV StarQ10 yang tayang 18 Juni lalu, Il Woo mengungkapkan hal yang mengejutkan tentang keluarganya. Dia mengakui kalau ayahnya adalah direktur sebuah akademi Kendo (olah raga Jepang), sedangkan kakeknya adalah mantan direktur utama dan pimpinan dokter di salah satu Rumah Sakit Umum terkenal di Korea. Namun fakta lain juga terungkap. Produser acara telah menemukan bahwa ibu Il Woo merupakan kepala Lab Penelitian Tekstil di Universitas Korea bergengsi. Dia adalah seorang ahli dalam berbagai bidang estetika Korea dan sejarah seni, serta telah menerima berbagai penghargaan. Saat ini, dia adalah seorang profesor di Korean National University jurusan Cultural Heritage (warisan budaya). Latar belakang keluarga elitnya membuat semua orang terpana karena Il Woo tak menunjukkan kesombongan sedikit pun.
Fans Adalah Segalanya
 Menjadi aktor populer tidak membuat Il Woo tinggi hati. Baginya, popularitas dan semua yang telah diraihnya saat ini adalah berkat dukungan para penggemarnya. Melihat keramahannya sebagai seorang idola membuat dukungan dari fans semakin berlimpah.“Fans membuat saya terus merendah, dan mereka lah sumber pedomanku. Mereka adalah alasanku untuk bisa terus berpikir positif. Fans sudah bersamaku sejak debut dan mengetahui saya lebih baik dari keluargaku sendiri. Bagiku, mereka adalah guru akting dan stylistku. Saya akan bekerja keras dan selalu berhati-hati karena tidak ingin mengecewakan mereka,” ungkap Il Woo.
Menyukai Wanita Kharismatik
     Menjadi aktor tampan yang dipuja banyak orang tentunya membuat setiap penggemar penasaran seperti apakah tipe wanita idamannya. Sebelumnya, Il Woo mengakui bahwa dirinya melihat seorang wanita berdasarkan kepribadiannya, tapi ternyata dia pernah merubah tipe wanita idamannya tersebut. “Sebelumnya saya menyukai seorang wanita yang kharismatik tetapi dalam beberapa tahun terakhir, tipe wanita ideal saya telah berubah. Saya menyebut tipe gadis kesukaanku itu dengan gaya ‘malaikat’, karena dia harus mampu memahami bahwa saya tidak bisa memberinya banyak perhatian sementara saya bekerja,” ungkapnya. Dengan kata lain, Il Woo berharap wanita yang menjadi pasangannya kelak bisa memahami segala sifat tak terduganya dan mengerti kesibukan kariernya. Il Woo menyukai seorang wanita yang bisa memahami pekerjaannya, serta memiliki kepribadian baik dan ceria.
Kunjungi Pasien Lupa Ingatan
Image
Dalam salah satu episode acara televisi jTBC, Amazing Dream Project yang ditayangkan pada 24 Desember lalu, Il Woo mengunjungi seorang gadis 20 tahun yang kehilangan ingatannya karena kecelakaan mobil, Jo Seul Bi. Meski kecelakaan itu cukup parah dan sempat membuatnya koma, Seul Bi masih dapat terbangun setelah 14 hari. Namun, dia tidak dapat mengenali orang-orang di sekelilingnya. Sebelum kecelakaan itu terjadi, Seul Bi sangat menyukai serial 49 Days dan mengidolakan Il Woo. Il Woo yang mendengar cerita tentang Seul Bi dari acara Amazing Dream Project, memutuskan untuk melakukan kunjungan ke rumah sakit guna menjenguknya sambil membawakan hadiah boneka beruang besar. Saat Il Woo memasuki ruangan dengan membawa boneka beruang, Seul Bi berteriak. Hal ini tentu saja membuat Il Woo, ayah Seul Bi, dan semua kru terkejut. Saat ditanya apa dia mengenal Il Woo, Seul Bi mengangguk dan terlihat malu bertemu dengan idolanya. Semua orang pun berharap ada sebuah keajaiban yang membuat Seul Bi mengingat kembali masa lalunya.
Berkencan?
 Bulan Mei lalu, Il Woo mengejutkan para penggemarnya dengan menulis status di akun pribadi Twitternya (@ActorJungilwoo). Sohib karib So Ji Sub ini menulis bahwa dia sedang kencan dengan seseorang bernama Woo. Fans yang membaca statusnya langsung kelabakan mencari tahu siapa Woo. Alih-alih mengamuk, para penggemar langsung tertawa terbahak-bahak melihat foto yang diupload oleh Il Woo untuk memperkenalkan sosok bernama Woo tersebut. “Saya sedang berkencan dengan Woo. Kami melakukan sesi pemotretan bersama untuk majalah Trendy di Taiwan,” tulisnya sambil mengupload foto bersama seekor anjing peliharaannya. Di foto yang diunggahnya itu, Il Woo yang mengenakan kemeja motif kotak memeluk seekor anjing yang tertidur sambil tersenyum ceria. Foto tersebut menuai banyak komentar dari penggemar yang mengaku terkejut saat mendengar idolanya berkencan dengan seseorang yang ternyata hanyalah seekor anjing.
Jadi Duta Film Korea
Il Woo dan Kim So Eun terpilih menjadi duta film untuk 12th Jeonju International Film Festival. Di acara pembukaan festival film yang diselenggarakan 28 April lalu, Il Woo hadir dengan mengenakan tuxedo hitam, sementara So Eun mengenakan gaun berwarna aprikot yang langsung menarik perhatian banyak orang. Mereka juga berpartisipasi dalam acara tengah malam, Sleepless Nights. Ini merupakan sebuah prosesi tradisional yang selalu diadakan oleh Jeonju International Film Festival, di mana camilan tengah malam diberikan setelah mereka menonton film pertama dari tiga film yang ditayangkan tengah malam.Tanggal 1 Mei lalu, keduanya melakukan tugas mereka menjadi pemandu tamu-tamu kehormatan ke bioskop dan memperkenalkan film tinju berjudul Tomorrow Joe. Kemudian, mereka juga menghadiri acara cetak tangan di Street of Movie dan mencetak tangan mereka disana.“Meski Jung Il Woo harus melakukan perjalanan bolak-balik Seoul dan Jeonju untuk syuting  serial 49 Days, dia dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai duta film tanpa kesulitan. Begitu pula dengan Kim So Eun. Meski sedang mengikuti ujian tengah semester, dia sangat tertarik dengan festival ini,” ungkap manajemen mereka.

2 Responses to “Biodata and Profil Jung il Wo”

  1. Nesoiii February 12, 2012 at 11:02 am #

    Kyaaa~ Jung Il Woo oppa!!! ^o^

  2. Yanni May 12, 2012 at 6:04 am #

    Kyaaa! Oppa.. Keren dan cute..

    Love you..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: